> captain of Black Pearl: TAIKO

Friday, September 9, 2011

TAIKO



Taiko dalam bahasa jepang berarti  “drum besar”  bisa diartikan seni yang relatif dalam bentuk ansambel menabuh drum kadang-kadang lebih khusus disebut, "kumi-daiko".
Taiko merupakan sebutan untuk alat musik tabuh (perkusi) tradisional yang berkembang di Jepang. Bahan dasar pembuatan taiko adalah kulit hewan, dengan bentuk ukuran dan berat yang bervariasi.

Bentuk alat musik Taiko dibagi menjadi tiga bagian,
hiradaiko,
 Shimedaiko (berukuran sedang), dan Oodaiko (berukuran besar dengan diameter 1,8 meter).

Seiiring dengan perkembangan agama Buddha di Jepang, alat musik taiko juga semakin dikenal karena taiko menjadi pengiring musik ketika melakukan ritual agama Buddha. Beberapa aliran Buddha menggunakan taiko sebagai simbolisasi suara Buddha.

Sementara di Okinawa, taiko yang disebut dengan Teeku, merupakan alat musik yang melambangkan kebersamaan dan perdamaian. Taiko juga sering digunakan dalam berbagai upacara keagamaan, musik kerajaan, dan pertunjukan seni.
Di Jepang pada masa feodal, taiko sering digunakan untuk memotivasi pasukan, menolong menentukan langkah barisan, dan mengatur perintah atau pengumuman. Menjelang atau pada saat memasuki pertempuran, taiko yaku (penabuh drum) bertanggung jawab untuk menentukan langkah barisan, biasanya dengan enam langkah untuk setiap pukulan drum . Menurut salah satu catatan sejarah (Gunji Yoshu), sembilan rangkai dari lima ketukan berarti memanggil sekutu ke medan tempur, sementara sembilan rangkai dari tiga ketukan, yang dipercepat tiga atau empat kalinya, adalah panggilan untuk maju dan mengejar lawan.

Istilah istilah dalam Taiko:
pemukul kayu yang digunakan untuk memainkan drum taiko. (Lihat entri terpisah untuk informasi terinci tambahan.)
Ji 
juga disebut Jiuchi, adalah irama dasar yang digunakan untuk mendukung irama utama, atau O-uchi. Sebagian dari irama yang lebih lazim untuk ji adalah don dokodon ko, atau don go (pola mengayun). Jikata adalah pemain yang memainkan irama ji.
dicirikan oleh serangkaian pukulan pada taiko. Pemain mulai dengan lambat dengan banyak ma. Pelan-pelan ma (waktu) antara masing-masing pukulan menjadi semakin singkat, hingga penabuh melakukan pukulan yang cepat
taiko saat Gelar Jepang UI

taiko saat Gelar Jepang UI

taiko saat Gelar Jepang UI

source and thanks to : wikipedia, halojepang.com 

No comments:

Post a Comment