> captain of Black Pearl: YOSAKOI

Friday, September 9, 2011

YOSAKOI



yosakoi Gelar Jepang UI


yosakoi Gelar Jepang UI

yosakoi Gelar Jepang UI
Merupakan salah satu Festival atau tarian missal yang terkenal di Jepang, yosakoi diselenggarakan setiap tahun di kota Kochi pada tanggal 9 - 12 Agustus. Festival ini diciptakan pada tahun 1954 dengan harapan untuk mengatasi resesi ekonomi, meningkatkan kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat penduduk kota Kochi.
Yosakoi adalah tari dengan ciri khas gerakan tangan dan kaki yang dinamis. Tari ini berkembang sebagai bentuk modern tari musim panas Awa Odori. Sambil menari, di kedua belah tangan, penari pria dan wanita segala umur membunyikan perkusi dari kayu yang disebut NARUKO. Mulanya, naruko dipakai untuk mengusir burung-burung di sawah, namun sekarang menjadi pelengkap tari.

naruko 

Penari dalam satu kelompok mengenakan kostum berupa happi atau yukata. Kostum dan musik dipilih sesuai selera masing-masing kelompok yang berusaha tampil seunik mungkin. Musik pengiring tari dapat merupakan campuran musik daerah (minyƍ) dicampur dengan musik rock, samba, disko, enka, atau genre musik yang lain sesuai selera, namun harus memasukkan melodi "Yosakoi Naruko Odori".

Pada Festival ini lebih dari 15 ribu peserta yang datang dari seluruh penjuru Jepang dengan berbagai kostum berpawai di jalan-jalan utama di kota Kochi untuk menyemarakkannya. Festival asal Kochi ini sangat digemari masyarakat Jepang, khususnya kalangan Pemuda, sehingga tersebar hingga ke seluruh pelosok Jepang. kini, Festival Yosakoi diselenggarakan di hampir 200 tempat di Jepang. kata Yosakoi sendiri berasal dari kata "YORU SA KOI" yang artinya Datanglah Malam Ini
yosakoi Gelar Jepang UI
yosakoi Gelar Jepang UI

No comments:

Post a Comment